RPP EKOSISTEM BERBASIS TIK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan             : SMA Negeri Unggul Sigli
Kelas / Semester                : X IPA / II ( Genap )
Mata Pelajaran                   : Biologi
Topik                                 : Ekosistem
Alokasi Waktu                   : 3 x 45 menit

A.       KOMPETENSI INTI
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PEMBELAJARAN
1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem dan lingkungan hidup.
     Indikotor:
Ø Mengagumi ciptaan Allah SWT tentang berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis dan ekosistem) di Indonesia.
Ø  Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati proses tumbuh kembang pada hewan dan tumbuhan.
1.2.   Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.
Indikator
-       Menunjukkan perilaku teliti dalam melakukan identifikasi ciri-ciri dari beberapa jenis makhluk hidup.
-       Mampu bekerjasama dalam kelompoknya dalam menyelesaikan tugas.
-       Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas.

1.3.   Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manifestasi pengalaman ajaran agama yang dianutnya
Indikator
Ø  Mengagumi kebesaran Allah dengan adanya keanekaragaman mahkluk hidup di alam semesta
Ø  Menjaga dan menyanyangi lingkungan untuk kelestarian alam
Ø  Peka dan perduli dalam memelihara lingkungan hidup

2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
       Indikator:
       1. Memiliki rasa ingin tahu
2. Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar baik secara mandiri maupun kelompok.
       3. Ketrampilan dalam berkomunikasi dalam diskusi

2.2 Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.
       Indikator
       1. Memiliki rasa perduli terhadap lingkungan
       2. Menerapkan prosedur keselamatan kerja di laboratorium secara tepat.
       3. Memiliki sikap teliti, tekun, jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan peduli melalui  diskusi, kerja kelompok dan membuat laporan kerja

3.9. Menganalisis informasi/data dari berbagai sumber tentang ekosistem dan semua interaksi yang berlangsung didalamnya.
          Indikator
-. Menyebutkan komponen ekosistem
- Menjelaskan siklus daur biogeokimia dalam kehidupan.

4.9. Mendesain bagan tentang interaksi antar komponen ekosistem dan jejaring makanan yang berlangsung dalam ekosistem dan menyajikan hasilnya dalam berbagai bentuk media.
       Indikator
-          Mengamati berbagai komponen dalam ekosistem
-          Memahami siklus biogeokimia di alam

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan menggunakan fitur pada web Rumah Belajar, siswa dapat:
1.      menyebutkan komponen ekosistem
2.      menyebutkan interaksi antar komponen dalam ekosistem
3.      mengamati berbagai komponen dalam ekosistem
4.      menjelaskan siklus daur biogeokimia dalam kehidupan.

D.     MATERI PEMBELAJARAN (terlampir)
Ekosistem merupakan suatu kesatuan dinamis yang terdiri atas komunitas berbagai spesies yang berinteraksi dengan lingkungannya baik biotik maupun abiotik. Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi. Ekosistem merupakan penggabungan dari setiap unit biosistem yang melibatkan interaksi timbal balik antara organisme dan lingkungan fisik sehingga aliran energi menuju kepada suatu struktur biotik tertentu dan terjadi suatu siklus materi antara organisme dan anorganisme. Matahari sebagai sumber dari semua energi yang ada.

E.     METODE
Metode: Diskusi, tanya jawab, ceramah
Model : Discovety Learning

F.      MEDIA/ALAT DAN BAHAN
Bahan        :
1. Bahan dari internet yang relevan (rumahbelajar.kemdikbud.go.id)
2. Gambar-gambar ekosistem dunia
3. Charta, video ekosistem dunia  
 Alat / Media:
1. Laptop
2. LCD (proyektor)
3. LKS
4. server internet
5. Lingkungan

G.    SUMBER BELAJAR
1. Portal Rumah Belajar/ rumahbelajar.kemdikbud.go.id
2.    Buku Biologi SMA kurikulum 2013, kelas X, Irnaningtias, Erlangga
3.    Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
4.    Ensiklopedia teks book atau buku reverensi ilmiah

H.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tahapan DL
Kegiatan Guru
Kegiatan peserta didik
Kegiatan persiapan (5 menit)









Kegiatan awal (10 menit)
a.    Kegiatan pembuka







b.        Apersepsi



c.    Motivasi

·      Guru menyiapkan lebtop dan LCD (proyektor), media persentasi (power poin) atau file yang telah disisapkan.
·      Memeriksa instalasi listrik dan memasang alat-alat untuk media persentasi (power poin) atau file yang telah disiapkan.

Ø Guru menjelaskan kompetensi dasar pembelajaran melalui media LCD (proyektor)
Ø Guru menjelaskan indikator pembelajaran melalui media LCD (proyektor)
Ø Guru menjelaskan tujuan pembelajaran melalui media LCD (proyektor)

Apakah kalian pernah pergi ke hutan, laut atau sungai? Apa saja yang kalian jumpai disana?

Mengajak siswa menyebutkan semua ekosistem yang ada dibumi yang telah diciptakan Allah dengan sempurna

Siswa membantu guru dalam persiapan media pembelajaran









Siswa mendengarkan dan mencatat tujuan dan indikator pembelajaran







Siswa menjawab dan menggambarkan pertanyaan apersepsi
Kegiatan inti (110 menit)

Tahap 1
Memberikan rangsangan terhadap suatu permasalahan (stimulation)







Tahap 2
Mengedentifikasikan masalah dan membuat pernyataan (Problem Statement)









Tahap 3
Mengumpulkan data (Data Collection)






Tahap 4
Pengolahan data (Data Processing)




Tahap 5
Pembuktian (Verification)





Tahap 6
Penarikan kesimpulan (Generalization)
a. Guru menginformasikan / menjelaskan secara singkat materi tentang ekosistem dengan menggunakan informasi yang ada di portal Rumah Belajar melalui media LCD (proyektor)
b. Guru membagi kelompok peserta didik dengan cara penarikan plot
c. Guru membagikan LKS
    mengenai ekosistem kepada setiap kelompok.
d. Guru meminta peserta didik untuk memahami petunjuk kerja yang ada di LKS


a.       Guru meminta setiap kelompok peserta didik untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada pada LKS, tentang komponen makhluk hidup dan siklus biogeokimia
b.      Guru meminta setiap kelompok peserta didik merumuskan masalah dari topik masalah yang dibagikan.
c.       Guru meminta setiap kelompok peserta didik untuk membuat hipotesis berdasarkan masalah  


Guru meminta setiap kelompok peserta didik untuk mencari dan mengumpulkan data yang relevan sebanyak mungkin untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis melalui media internet / Portal Rumah Belajar/ rumahbelajar.kemdikbud.go.id
 dan buku rujukan yang lain


Guru meminta setiap kelompok peserta didik untuk menulis semua data yang mereka dapatkan dalam laporan tertulis sesuai dengan petunjuk yang ada dalam LKS.


Guru meminta kelompok peserta didik menganalisa data yang telah dikumpulkan dan merangkum dalam sebuah kesimpulan dengan menyebutkan konsep-konsep baru yang ditemukan berdasarkan data


Guru meminta kelompok peserta didik untuk menuliskan dan membacakan kesimpulan dari rangkuman data yang mereka kumpulkan
a. Peserta didik duduk secara berkelompok
b. Peserta didik membaca LKS mengenai ekosistem
c. Peserta didik mempelajari dan memahami ringkasan tentang ekosistem








a.  Peserta didik mengidentifikasi permasalahan yang ada pada LKS komponen makhluk hidup dan siklus biogeokimia
b. Peserta didik merumuskan masalah dari topik masalah yang dibagikan
c.  Peserta didik membuat hpotesis berdasarkan masalah.




Peserta didik mencari dan mengumpulkan data yang relevan sebanyak mungkin untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis, melalui media internet/ Portal Rumah Belajar/ rumahbelajar.kemdikbud.go.id
 dan buku rujukan yang lain



Peserta didik menulis semua data yang mereka dapatkan dalam laporan tertulis sesuai dengan petunjuk yang ada dalam LKS.


Peserta didik menganalisa data yang telah dikumpulkan dan merangkum dalam sebuah kesimpulan dengan menyebutkan konsep-konsep baru yang ditemukan berdasarkan data.

Peserta didik menuliskan dan membacakan kesimpulan dari rangkuman data yang telah dirangkum

Kegiatan akhir (10 menit)

Guru meminta peserta didik mengumpulkan tugas LKS masing-masing kelompok untuk dievaluasi.
peserta didik mengumpulkan tugas LKS masing-masing untuk dievaluasi.

G. PENILAIAN
1) Tehnik penilaian
a. Penugasan
b. Tes Tertulis (Essay)
c. observasi

2) Instrumens penelitian

a.       Penugasan
-          Setiap kelompok siswa membawakan bahan-bahan yang telah ditentukan sesuai dengan LKS

b.      Tes tertulis (essey)
-   Buatlah siklus air dan jelaskan prosesnya
Rubrik penilaian tes tulis



No
Uraian
Nilai
1






Siklus Air

Jumlah air yang meninggalkan permukaan tanah dan badan air dalam bentuk uap, pada waktu tertentu selalu sama dengan jumlah air yang turun dari atmosfer dalam bentuk presipitasi. Mekanisme sirkulasi air dikendalikan oleh energi radiasi matahari, walaupun pengaruh topografi dan latitude tetap ada. Sirkulasi air yang berlangsung secara kontinu antara air laut, air daratan dan air yang terdapat di daratan atau Pola Sirkulasi air dalam ekosistem disebut dengan siklus hidrologi








Total Skor
100



c.       Observasi
Aspek yang diamati
pengamatan
Ket
ada
Tidak ada
Kegiatan Pendahuluan
a.    Kegatan Pembuka

-

-  Siswa memahami Kompetensi dasar 

-

- Siswa memahami indikator

-

-  Siswa memahami  tujuan pembelajaran

-

Kegiatan Inti
Tahap - 1 : Memberikan rangsangan terhadap suatu permasalahan (stimulation)



- Siswa membuat rumusan masalah berdasarkan topik masalah yang terdapat dalam  LKS

-

- Siswa bersama kelompoknya membuat rumusan masalah dan hipotesa

-

Tahap - 2 : Mengidentifikasikan masalah dan membuat pernyataan (Problem Statement)



- Siswa berbagi tugas dengan teman-teman dalam  kelompok, dalam merumuskan masalah dan hipotesa

-

- Siswa membuat rumusan masalah dan hipotesis tentang siklus biogeokimia

-

Tahap - 3 : Mengumpulkan data (Data Collection)



- Siswa mencari data untuk membuktikan benar tidaknya hipotesa

-

- Siswa mengakses imformasi dari internet untuk membuktikan hipotesa

-

- Siswa menganalisa dan menyimpulkan hasil

-

Tahap  - 4: Pengolahan data (Data Processing)



- Peserta didik menulis semua jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang ada di LKS berdasarkan data yang telah dikumpulkan

-

- Siswa menyajikan hasil kerja dalam laporan LKS

-

Tahap – 5: Pembuktian (Verification) dan Penarikan kesimpulan



- Siswa mempelihatkan hasil kerjanya

-

- Siswa mengumpulkan hasil kerjanya

-

- Siswa melakukan perbaikan terhadap koreksi guru

-

- Siswa membuat refleksi atas hasil kerjanya

-

- Siswa membuat kesimpulan dan penutup atas pekerjaan timnya

-

Kegiatan Penutup.

-

-       Siswa mengumpulkan tugas LKSnya masing-masing untuk dievaluasi.

-



3) Pembelajaran remedial dan pengayaan
Siswa yang telah mencapai KKM diberi pengayaan, siswa yang belum mencapai KKM diberi remidial.


     











Mengetahui                                                                              Sigli, 5 Mei 2018  
Kepala SMAN Unggul Sigli                                                   Guru Mata Pelajaran Biologi,





Drs. Maidan                                                                            Malia Safriani, S.Pd
NIP.19680807 199412 1 001                                                 NIP. 19780122 200801 2 001
---------------------------------------                                   -----------------------------------------------


Lembar Kerja Peserta Didik

Komponen makhluk hidup dan hubungan dengan daur biogeokimia

Ø  Landasan Teori:
Ekosistem merupakan suatu kesatuan dinamis yang terdiri atas komunitas berbagai spesies yang berinteraksi dengan lingkungannya baik biotik maupun abiotik. Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi. Ekosistem merupakan penggabungan dari setiap unit biosistem yang melibatkan interaksi timbal balik antara organisme dan lingkungan fisik sehingga aliran energi menuju kepada suatu struktur biotik tertentu dan terjadi suatu siklus materi antara organisme dan anorganisme. Matahari sebagai sumber dari semua energi yang ada.
Dan dari segi kehidupan, ekosistem terdiri dari dua komponen, yaitu:
1.      Komponen abiotik, yang meliputi:
a.    Senyawa organik
b.    Senyawa anorganik
c.    Lingkungan
2.      Komponen biotik, yang meliputi:
a.    Produsen
b.    Makrokonsumer (phagotroph)
c.    Mikrokonsumer dan  saprotroph

Biogeokimia adalah pertukaran atau perubahan yang terus menerus, antara komponen biosfer yang hidup dengan tak hidup. Dalam suatu ekosistem, materi pada setiap tingkat trofik tidak hilang. Materi berupa unsur-unsur penyusun bahan organik tersebut didaur-ulang. Unsur-unsur tersebut masuk ke dalam komponen biotik melalui udara, tanah, dan air. Daur ulang materi tersebut melibatkan makhluk hidup dan batuan (geofisik) sehingga disebut Daur Biogeokimia.
Fungsi Daur Biogeokimia adalah sebagai siklus materi yang mengembalikan semua unsur-unsur kimia yang sudah terpakai oleh semua yang ada di bumi baik komponen biotik maupun komponen abiotik, sehingga kelangsungan hidup di bumi dapat terjaga.
Macam-macam Daur Biogeokimia
1.    Daur Nitrogen
2.    Daur sulfur
3.    Daur Posfor
4.    Daur Carbon
5.    Daur Air

Ø  Tujuan :Mengetahui hubungan Komponen makhluk hidup dengan daur biogeokimia
.
Ø  Alat:
1.      Lembar LKS
2.      Alat tulis
3.      Labtop/handphone
4.      Server internet

Ø  Cara Kerja:
1.    Guru dan siswa bersama sama membuka portal Rumah Belajar dengan mengakses rumahbelajar.kemdikbud.go.id
2.    Setiap kelompok siswa berdasarkan tugas yang telah dibagikan mencari informasi melalui portal Rumah Belajar dengan menngunakan fitur fitur tang tersedia
3.    Dengan melakukan langkah sebagai berikut:
-          Mengetik web Rumah Belajar di browser google atau yang lainnya
-          Setelah muncul tampilan utama portal rumah belajar selanjutnya akan keluar fitur fitur menu







-          Pilihlah fitur rumah belajar maka akan terbuka topik topik setiap jenjang pendidikan
 






-          Pilih jenjang SMA
-          Selanjutnya disebelah kanan tersedia menu pencarian dengan menuliskan topik yang ingin kita cari
-          Carilah informasi sesuai dengan topik yang telah dibagikan pada setiap kelompok
-          Lalu jawablah pertanyaan pertanyaan di bawah ini


Soal:
1.      Jelaskan hubungan komponen ekosistem dengan daur biogeokimia
2.      Jelaskan siklus daur Nitrogen
3.      Jelaskan siklus daur Posfor
4.      Jelaskan siklus daur Sulfur
5.      Jelaskan siklus daur Carbon
6.      Jelaskan siklus daur Air





Comments

Popular posts from this blog

RPP K-13 "SISTEM PENCERNAAN MANUSIA" SMA

PERAN ORGANISASI IGI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI INDONESIA

PEMBUATAN PUPUK KOMPOS (Tugas 1.1..A.10)