RPP K-13 " KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP" SMA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan             : SMA Negeri Unggul Sigli
Kelas / Semester                : X IPA / 1 ( Ganjil )
Mata Pelajaran                 : Biologi
Topik                                 : Klasifikasi Makhluk Hidup
Alokasi Waktu                 : 3 x 45 menit

A.       KOMPETENSI INTI
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PEMBELAJARAN
1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem dan lingkungan hidup.
        Indikotor:
Mengagumi ciptaan Allah SWT tentang berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia.
2.1. Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
        Indikator:
        -  Memiliki rasa ingin tahu
     -   Menunjukkan ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar baik secara mandiri  maupun kelompok.
     -   Ketrampilan dalam berkomunikasi dalam diskusi
3.3  Menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom
       Indikator
1.      Menjelaskan tujuan klasifikasi makhluk hidup.
2.      Menjelaskan sejarah dan perkembangan klasifikasi makhluk hidup
3.      Menjelaskan dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup.
4.      Membuat tingkat takson dalam klasifikasi makhluk hidup.
5.      Mengetahui klasifikasi makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus.
6.      Mengetahui sistem klasifikasi 5 kingdom.
7.      Membuat kunci determinasi.

4.3. Menyusun kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup
Indikator
Mebuat kladogram klasifikasi makhluk hidup dalam bentuk charta

C.    Materi Ajar (terlampir)
           
D.  LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

·      Pertemuan I

Kegiatan Pembelajaran
No
Guru
Waktu
Siswa
A.



















B.
































C.

Kegiatan Awal
Berdoa/salam, absensi siswa.

-    Mengajukan pertanyaan kepada siswa “berapa jenis tanaman dan hewan yang ada di halaman sekolah kita”?

-    Melanjutkan pertanyaan “supaya mudah mengenal dan mempelajarinya apa yang harus dilakukan”?



-      Menuliskan topik yang akan dipelajari


-      Menyebutkan tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam belajar.


Kegiatan Inti

-    Membagi peserta didik dalam kelompok yang beranggotakan 3-4 orang.

-    Menugaskan kelompok untuk mengerjakan LKPD melalui diskusi kelompok.



















-    Guru meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya



Kegiatan penutup
Evaluasi

Penugasan struktur untuk pertemuan berikutnya: menyebutkan dan menjelaskan dasar dasar klasifikasi makhluk hidup beserta contohnya

5 mnt



















20 mnt
































5 mnt










Menjawab pertanyaan guru
 (harapan guru, peserta didik menjawab”banya sekali”)

Menjawab pertanyaan (harapan guru  peserta didik menjawab ” mempelajari pengelompokan makhluk hidup ”)

Menulis topik yang akan dipelajari.

Menulis tujuan pembelajaran.




Peserta didik duduk dalam kelompok masing-masing.

Mengamati (observing)
Melaksanakan tugas dari guru dengan mengamati organisme yang ada disekitar sekolah sesuai petunjuk yang ada pada LKPD.
Mengumpulkan Data (eksplorasi)
Dari pengamatan yang dilakukan siswa dari berbagai organisme yang ada di sekitar lingkungan sekolah dalam bentuk data

Mengasosiasikan (Associating) Siswa dalam kelompok mendiskusikan berbagai macam jenis organisme yang di temukan dan yang di data

Mengkomunikasikan  (Comunicating )
Siswa mempresentasikan secara lisan hasil diskusi


Peserta didik menjawab pertanyaan evaluasi.

Peserta didik menulis tugas yang diberikan guru untuk di serahkan pada pertemuan berikutnya.






·      Pertemuan II

Kegiatan Pembelajaran
No
Guru
Waktu
Siswa
A.













B.































C.

Kegiatan Awal
Berdoa/salam, absensi siswa.

-    Menanyakan kepada siswa  dengan mengajukan pertanyaan “Bagaimanakah klasifikasi sistem 5 kingdom ?

-      Menuliskan topik yang akan dipelajari

-      Menyebutkan tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam belajar.

Kegiatan Inti

-    Membagi peserta didik dalam kelompok yang beranggotakan 3-4 orang.

-    Menugaskan kelompok untuk mengerjakan LKPD melalui diskusi kelompok.

















-    Guru meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompokny



Kegiatan penutup
Evaluasi

Penugasan struktur untuk pertemuan berikutnya:
1. membuat contoh tingkat takson kucing dan ilalang
2. membuatkunci determinasi terhadap kedua organisme tersebut
5 mnt













20 mnt































5 mnt









Menjawab pertanyaan guru




Menulis topik yang akan dipelajari.

Menulis tujuan pembelajaran.



Peserta didik duduk dalam kelompok.


Mengamati (observing)
Melaksanakan tugas guru dengan mengamati contoh-contoh kladogram yang ada dibuku paket biologi sesuai petunjuk yang ada pada LKPD.

Mengumpulkan Data (eksplorasi)
Dari pengamatan yang dilakukan siswa melakukan kegiatan kelompok dengan membuat kladogram sesuai dengan petunjuk yang ada pada LKPD

Mengasosiasikan (Associating) Siswa dalam kelompok mendiskusikan hasil kerja kelompoknya

Mengkomunikasikan  (Comunicating )
Siswa mempresentasikan secara lisan hasil diskusi kelompoknya


Peserta didik menjawab pertanyaan evaluasi.

Peserta didik menulis tugas yang diberikan guru untuk di serahkan pada pertemuan berikutnya.


E.  MEDIA/ALAT PEMBELAJARAN
-          Media Pembelajaran: Komputer, LCD
-          Alat Pembelajaran: Sesuai dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

F.   SUMBER BELAJAR
-          Buku Biologi SMA kurikulum 2013, kelas X, Irnaningtias, Erlangga
-          Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)









Mengetahui                                                             Pidie,     
Kepala SMAN Unggul Sigli,                                   Guru Mata Pelajaran Biologi,




Drs. Maidan                                                                  Malia Safriani, S.Pd
NIP. 19680807 199412 1 001                                       NIP. 19780122 200801 2 001





KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Begitu beragamnya makhluk hidup ciptaan Tuhan tersebut sehingga perlu adanya suatu sistem untuk mengenal dan mempelajarinya. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, para ahli biologi kemudian menemukan suatu cara untuk mengelompokkan makhluk hidup tersebut berdasarkan ciri-ciri tertentu yang dimilikinya yang kemudian dikenal dengan klasifikasi.
Klasifikasi adalah pengelompokan makhluk hidup dalam takson melalui pencarian keseragaman atau persamaan dalam keanekaragaman. Makhluk hidup yang diklasifikasikan dalam satu kelompok atau takson tertentu memiliki persamaan-persamaan sifat dan/atau ciri-ciri. Demikian pula sebaliknya, makhluk hidup dalam kelompok atau takson yang berbeda akan memiliki perbedaan-perbedaan sifat dan/atau ciri-ciri. Coba kalian bayangkan jika makhluk hidup di alam ini tidak diklasifikasikan. Apakah kalian dapat membedakan kelompok hewan dan tumbuhan dengan mudah?
Dapat dikatakan bahwa klasifikasi makhluk hidup bertujuan untuk menyederhanakan objek studi. Penyederhanaan objek studi sangat membantu dalam mengenali atau mempelajari makhluk hidup yang begitu banyak dan beraneka ragam sifat serta ciri-cirinya. Manfaat klasifikasi adalah untuk mengetahui jenis-jenis makhluk hidup dan hubungan antarmakhluk hidup sehingga menjadi lebih mudah diketahui kekerabatan antarmakhluk hidup yang beraneka ragam.
Klasifikasi adalah pengelompokan aneka jenis hewan atau tumbuhan ke dalam golongan-golongan tertentu. Golongan-golongan ini disusun secara runtut sesuai dengan tingkatannya (hierarkinya), yaitu mulai dari yang lebih kecil tingkatannya hingga ke tingkatan yang lebih besar. Ilmu yang mempelajari prinsip dan cara mengelompokkan makhluk hidup ke dalam golongannya disebut taksonomi atau sistematik.
Prinsip dan cara mengelompokkan makhluk hidup menurut ilmu taksonomi adalah dengan membentuk takson. Takson dibentuk dengan jalan mencandra objek atau makhluk hidup yang diteliti dengan mencari persamaan ciri maupun perbedaan yang dapat diamati. Mencandra berarti mengidentifikasi, membuat deskripsi, dan memberi nama.


Comments

Popular posts from this blog

RPP K-13 "SISTEM PENCERNAAN MANUSIA" SMA

PERAN ORGANISASI IGI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI INDONESIA

PEMBUATAN PUPUK KOMPOS (Tugas 1.1..A.10)