KESAN MENJADI PESERTA DIKLAT ONLINE DUTA RUMAH BELAJAR

Begitu banyak kesan selama mengukuti diklat online duta rumah belajar, banyak yang harus kami persiapkan sebagai calon duta rumah belajar. kami harus mengikuti tes di level 1 dan mengikuti diklat online di level 2, apa yang akan kami lakukan di level 3 ya?

Calon duta rumah belajar dituntut untuk dapat menguasai ICT (Imformation and Communication Technology) dengan baik padahal yang menjadi peserta duta rumah belajar kebanyakan bukan guru TIK, namun luar biasa guru-guru "zaman now" memang mempunyai kemauan tinggi untuk lebih mengenal dan memahami dunia ICT karena begitu mudahnya menerapkan proses pembelajaran dengan menggunakan fasilitas-fasilitas yang berbau ICT. Dan tidak bisa di pungkiri siswa-siswa "zaman now" juga memiliki kemampuan ICT yang luar biasa.

Alangkah tidak bisa beradaptasinya seorang guru jika tidak mampu mengolah peralatan atau fasilitas pembelajaran, seperti: lebtop, infocus atau mencari informasi tentang materi pembelajaran melalui dunia maya. Guru GabTek mungkin tidak zaman lagi sekarang ini. guru yang tanggab teknilogi adalah guru yang siap untuk maju dan berkembang sesuai dengan tuntutan zaman.

Calon duta rumah belajar dituntut untuk menjadi guru yang tanggab teknologi. Hal yang paling berkesan adalah saat harus mempersiapkan sebuah video pembelajaran dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di portal rumah belajar dengan durasinya yang sangat minim, dan ini adalah pengalaman terbaru bagi kami, kami harus mengedit video tersebut dengan memotong bagian-bagian yang tidak penting dan membubuhi video tersebut sehingga nampak lebih menarik. Dan selanjutnya bagaimana mempublikasikannya ke youtube. Ini adalah hal yang sangat menarik dan menangtang bagi kami terutama bagi saya sebagai guru biologi yang selama ini lebih sering mendownload video pembelajaran di youtube.

 
Menjadi calon Duta Rumah Belajar adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi saya, dan berharap dapat sampai ke level terakhir, begitu banyak ilmu yang ingin saya dapatkan melalui duta Rumah Belajar ini.


                                                                                    Aceh, Pidie, Malia Safriani M. Pd

Comments

Popular posts from this blog

RPP K-13 "SISTEM PENCERNAAN MANUSIA" SMA

PERAN ORGANISASI IGI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI INDONESIA

PEMBUATAN PUPUK KOMPOS (Tugas 1.1..A.10)