RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan : SMAN Unggul Sigli Kelas / Semester : XI / 2 Materi Pembelajaran : Makanan dan Sistem Pencernaan Makanan Alokasi Waktu : 12 X 45 menit Jumlah Pertemuan : 3 kali A. Kompetensi Dasar (KD) 3.7 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dalam kaitannya dengan nutrisi, bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem pencernaan manusia Indikator: 3.7.1 Menjelaskan zat-zat makanan yang terkandung dalam bahan makanan dan mengaitkannya dengan fungsinya bagi tubuh, akibat yang ditimbulkan bila kelebihan atau kekurangan zat tersebut. 3.7.2 Menyebutkan contoh-contoh bahan makanan sebagai sumber zat-zat makanan yang diperlukan tubuh. 3.7.3 Menjelaskan berbagai jenis zat aditif makanan beserta bahayanya bagi kesehatan tubuh. 3.7.4 Mengumpulkan inform
Guru merupakan pendidik yang harus selalu meningkatkan kompetensinya setiap saat, seiring perkembangan teknologi saat ini dan kurikulum yang terus mengalami perubahan. Karena Dunia pendidikan harus mencetak peserta didik-peserta didik yang unggul dalam segala bidang, yang dapat berperan serta membangun bangsa dan negara ini ke arah yang lebih baik lagi. Seorang guru selain memiliki kemampuan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Guru juga wajib memiliki kualifikasi akademik, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Untuk mewujutkan semua kemampuan itu, maka guru harus terus menggali ilmu melalui wadah wadah yang menaungi kegiatan guru untuk terus maju. IkatanGuru Indonesia (IGI) merupakan salah satu wadah yang selama ini terus aktif memfasilitasi guru seluruh indonesia untuk terus belajar dan berkarya. Melalui link nya yaitu www.igi.or.id para guru
Latar Belakang Penulis adalah guru mata pelajaran Biologi, dengan spesialisasi pendidikan S-1 dan S-2 nya adalah Pendidikan Biologi. Namun kemyataanya penulis yang juga seorang calon guru penggerak, selain mengajar biologi juga mengajar mata pelajaran kewirausahaan di sekolah. Kadang penulis berfikir, mampukah dirinya yang selama ini memahami materi biologi dapat memotivasi dan mendidik peserta didiknya menjadi seorang entrepreneurship yang berhasil? Namun setelah dijalani ternya penulis menjadi lebih enjoi dan menikmati menjadi guru kewirausahaan, Karena didalam materi kewirausahaan banyak yang dapat kita ambil tema yang memang berhubungan dengan materi biologi, contohnya tentang budidaya tanaman dan pengolahan makanan dengan menggunakan mikroorganisme serta kerajinan dari mendaur ulang sampah yang berhubungan konsep lingkungan. Jadi pada aksi nyata ini penulis akan menceritakan dan menggambarkan aksi nyata Pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang sudah penulis jalankan di kelas
Comments
Post a Comment