PEMBUATAN PUPUK KOMPOS (Tugas 1.1..A.10)

Latar Belakang

Penulis adalah guru mata pelajaran Biologi, dengan spesialisasi pendidikan S-1 dan  S-2 nya adalah Pendidikan Biologi. Namun kemyataanya penulis yang juga seorang calon guru penggerak, selain mengajar biologi juga mengajar mata pelajaran kewirausahaan di sekolah. Kadang penulis berfikir, mampukah dirinya yang selama ini memahami materi biologi dapat memotivasi dan mendidik peserta didiknya menjadi seorang entrepreneurship yang berhasil?

Namun setelah dijalani ternya penulis menjadi lebih enjoi dan menikmati menjadi guru kewirausahaan, Karena didalam materi kewirausahaan banyak yang dapat kita ambil tema yang memang berhubungan dengan materi biologi, contohnya tentang budidaya tanaman dan pengolahan makanan dengan menggunakan mikroorganisme serta kerajinan dari mendaur ulang sampah yang berhubungan konsep lingkungan.

Jadi pada aksi nyata ini penulis akan menceritakan dan menggambarkan aksi nyata  Pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang sudah penulis jalankan di kelas yaitu dalam pembelajaran biologi dan pembelajaran kewirausahaan.

Deskripsi Aksi Nyata

          SMA Negeri Unggul Sigli adalah sekolah adiwiyata yang ditumbuhi oleh banyak pohon disekitarnya sehingga banyak dedaunan yang jatuh, setiap pagi, petugas yang membersihkan sekitar sekolah mengumpulkan dedaunan tersebut dan ditimbun disuatu tempat. Penulis bersama dengan peserta didiknya memanfaatkan/mendaur ulang daun-daun tersebut menjadi kompos.

            Jadi aksi nyata yang dilakukan penulis ini sudah menjalankan konsep biologi yaitu Menjaga Lingkungan Hidup dan juga sudah menjalankan konsep kewirausahaan yaitu pengolahan sampah menjadi kompos dan memiliki nilai jual

Hasil dari Aksi Nyata

            Aksi penulis dan peserta didiknya dalam memanfaatkan atau mendaur ulang dedaunan yang menjadi sampah di lingkungan sekolah sehingga dapat menghasilkan produk yaitu kompos. Kita tau kompos sangat bagus dan subur untuk media tanaman.

Jadi manfaat atau hasil dari aksi nyata yang dilakukan penulis dengan peserta didiknya yaitu dapat bermanfaar untuk sekolah karena sekolah menjadi bersih dan tidak banyak menimbun dedaunan, dan juga bermanfaat bagi peserta didik karena dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata sehingga menjadi salah satu alternatif pengembangan usaha yang dapat menghasilkan uang. Dan aksi nyata ini juga memberikan pemahaman kepada peserta didik bagaimana cara menjaga, melindungi dan merawat lingkungan sehingga kelangsungan hidup makhluk hidup di bumi ini tetap terjaga. Video proses kegiatan ini dapat dilihat di youtube Video Pembuatan pupuk kompos

Pembelajaran yang Didapat

          Saat proses pembuatan compos berlangsung, peserta didik bekerja secara mendiri, penulis hanya mengarahkan apa yang harus dilakukan peserta didiknya. Sebelum proses dilakukan peserta didik mencari literatur tentang proses pembuatan kompos di internet atau melihat video proses di you tube, lalu mereka mempraktekkannya. Jadi dalam kegiatan mendaur ulang sampah menjdi kompos, dapat mendidik peserta didik menjadi mandiri, kreatif, inovatif dan bertanggung jawab kepada pekerjaanya sampai tuntas. Dan mereka sangat senang karena ada beberapa guru yang meminta beli produk mereka.

Rencana Perbaikan

          Dalam rencana perbaikan ini, penulis berharap sekolah memberikan dukungan penuh dengan memfasilitasi proses, yaitu mau menyediakan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pebuatan kompos sehingga lebih mudah dalam proses dan hasilnyapun lebih baik










Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

RPP K-13 "SISTEM PENCERNAAN MANUSIA" SMA

PERAN ORGANISASI IGI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI INDONESIA