PEMBUATAN PUPUK KOMPOS (Tugas 1.1..A.10)
Latar Belakang
Penulis
adalah guru mata pelajaran Biologi, dengan spesialisasi pendidikan S-1 dan S-2 nya adalah Pendidikan Biologi. Namun
kemyataanya penulis yang juga seorang calon guru penggerak, selain mengajar
biologi juga mengajar mata pelajaran kewirausahaan di sekolah. Kadang penulis
berfikir, mampukah dirinya yang selama ini memahami materi biologi dapat
memotivasi dan mendidik peserta didiknya menjadi seorang entrepreneurship
yang berhasil?
Namun
setelah dijalani ternya penulis menjadi lebih enjoi dan menikmati menjadi guru
kewirausahaan, Karena didalam materi kewirausahaan banyak yang dapat kita ambil
tema yang memang berhubungan dengan materi biologi, contohnya tentang budidaya
tanaman dan pengolahan makanan dengan menggunakan mikroorganisme serta
kerajinan dari mendaur ulang sampah yang berhubungan konsep lingkungan.
Jadi
pada aksi nyata ini penulis akan menceritakan dan menggambarkan aksi nyata Pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang
sudah penulis jalankan di kelas yaitu dalam pembelajaran biologi dan
pembelajaran kewirausahaan.
Deskripsi Aksi Nyata
SMA Negeri Unggul Sigli
adalah sekolah adiwiyata yang ditumbuhi oleh banyak pohon disekitarnya sehingga
banyak dedaunan yang jatuh, setiap pagi, petugas yang membersihkan sekitar
sekolah mengumpulkan dedaunan tersebut dan ditimbun disuatu tempat. Penulis
bersama dengan peserta didiknya memanfaatkan/mendaur ulang daun-daun tersebut
menjadi kompos.
Jadi aksi nyata yang dilakukan penulis ini sudah
menjalankan konsep biologi yaitu Menjaga Lingkungan Hidup dan juga sudah
menjalankan konsep kewirausahaan yaitu pengolahan sampah menjadi kompos dan
memiliki nilai jual
Hasil dari Aksi Nyata
Aksi penulis dan peserta didiknya dalam memanfaatkan atau
mendaur ulang dedaunan yang menjadi sampah di lingkungan sekolah sehingga dapat
menghasilkan produk yaitu kompos. Kita tau kompos sangat bagus dan subur untuk
media tanaman.
Jadi manfaat atau hasil dari aksi nyata yang dilakukan penulis dengan peserta didiknya yaitu dapat bermanfaar untuk sekolah karena sekolah menjadi bersih dan tidak banyak menimbun dedaunan, dan juga bermanfaat bagi peserta didik karena dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata sehingga menjadi salah satu alternatif pengembangan usaha yang dapat menghasilkan uang. Dan aksi nyata ini juga memberikan pemahaman kepada peserta didik bagaimana cara menjaga, melindungi dan merawat lingkungan sehingga kelangsungan hidup makhluk hidup di bumi ini tetap terjaga. Video proses kegiatan ini dapat dilihat di youtube Video Pembuatan pupuk kompos
Pembelajaran yang Didapat
Saat proses pembuatan
compos berlangsung, peserta didik bekerja secara mendiri, penulis hanya
mengarahkan apa yang harus dilakukan peserta didiknya. Sebelum proses dilakukan
peserta didik mencari literatur tentang proses pembuatan kompos di internet
atau melihat video proses di you tube, lalu mereka mempraktekkannya. Jadi dalam
kegiatan mendaur ulang sampah menjdi kompos, dapat mendidik peserta didik
menjadi mandiri, kreatif, inovatif dan bertanggung jawab kepada pekerjaanya
sampai tuntas. Dan mereka sangat senang karena ada beberapa guru yang meminta
beli produk mereka.
Rencana Perbaikan
Dalam rencana perbaikan
ini, penulis berharap sekolah memberikan dukungan penuh dengan memfasilitasi
proses, yaitu mau menyediakan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pebuatan
kompos sehingga lebih mudah dalam proses dan hasilnyapun lebih baik
Mantap
ReplyDelete