ARAH PENDIDIKAN POSITIF MELALUI LABORATORIUM LINGKUNGAN (Pembelajaran Berbasis Alam pada Materi Plantae dan Animalia)

 

 

LATAR BELAKANG

Belajar merdeka yang dilakukan oleh peserta didik dapat membangkitkan kreatifitas dan Critical Thinking Peserta didik. Untuk memahami suatu konsep, kadang peserta didik harus dihadapkan langsung kepada objek nyata sehingga pemahaman konsepnya tepat, bukan hanya berimajinasi dan membayangkan tidak nyata, seperti yang diharapkan oleh Asesmen Nasional (AN) yaitu memahami konsep dan mengaplikasikan konsep lebih luas sehingga tercapainya kompetensi siswa secara holistik

Materi Plantae (tumbuhan) dan Animalia (hewan), menuntut peserta didik untuk memahami ciri-ciri/sifat dan manfaat dari kedua kelompok organisme tersebut dalam kehidupan nyata. Karena dalam kehidupan manusia tidak bisa lepas dan jauh dari kedua kelompok organisme (hewan dan tumbuhan) tersebut. Untuk memahami konsep ini, guru mengajak peserta didik langsung menganal objek pembelajaran dan mengidentifikasi secara langsung hewan dan tumbuhan yang ada di alam sekitar sekolah, sehingga menjadikan alam sekitar sekolah sebagai Laboratorium Alam yang tidak terbatas spesimen pengamatannya.

Memanfaatkan langsung alam sekitar sebagai objek pembelajaran memberikan psikologi positif dan pendidikan positif kepada peserta didik, sehingga peserta didik memiliki inti positif yang dapat memberikan kontribusi pada keberhasilan dan kesuksesan bagi dirinya dan orang lain.

TUJUAN

Peserta didik akan semakin mandiri dalam belajar dan inisiatif dalam memanfaatkan  bahan ajar dari berbagai sumber dan mewujudkan pendidikan positif dilingkungan sekolah.

 

TOLOK UKUR

Dapat menerapkan pengalaman mengidentifikasi tumbuhan dan hewan dalam kehidupan sehari hari dan adanya peningkatan pemahaman konsep pembelajaran serta menerapkan manfaat dari tumbuhan dan hewan dalam kehidupan manusia.

DESKRIPSI AKSI  NYATA

Suatu perubahan yang dihasilkan tentu dengan adanya perencanaan sebelumnya yang dibuat secara matang sesuai dengan keadaan lingkungan sekolah. Pelaksanaan aksi nyata didasari oleh keinginan CGP untuk melakukan transformasi atau perubahan terutama untuk perubahan dalam lingkungan sekolah dan kelas dalam menerapkan psikologi positif dan pendidikan positif, langkah–langkah yang dilakukan yaitu :

1.      Memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai media belajar/Laboratorium Alam

2.      Menyiakan LKPD sebagai panduan insrtuksi kerja siswa

3.      Menyediakan tempat dan alat pendukung proses pembelajaran

4.      Meminta siswa mengidentifikasi langsung hewan dan tumbuhan di sekitas sekolas sesuai dengan petunjuk di LKPD.

5.      Memberikan penilaian atas kerja siswa

 

HASIL AKSI NYATA

Keberhasilan

            Peserta didik terlihat senang dan antusias dalam melaksanakan kegiatannya, berbagai macam pertanyaan tentang hewan dan tumbuhan terus mereka tanyakan, dan terlihat dengan nyata kemampuan Critical Thinking mereka.

Kegagalan

            Beberapa siswa hanya bermain main saat mereka belajar di alam bebas, dan waktu yang tersedia tidak mencukupi untuk proses pembelajaran berbasis alam.

 

RENCANA PERBAIKAN

            Karena kendala utamanya adalah waktu, maka materi ini lebih baik diajarkan dalam kegiatan khusus dan dengan waktu yang khusus, sehingga siswa lebih santai dan tidak terburu-buru.

 

DOKUMENTASI AKSI NYATA

 

Mengamati dan mengidentifikasi kelompok tumbuhan disekitar lingkungan  sekolah



 

Mengamati dan mengidentifikasi kelompok Hewan disekitar lingkungan  sekolah





 

Siswa menggambar hasil pengamatan identifikasi hewan dan memberikan keterangan serta penjelasan dengan berpendoman pada buku rujukan. dan siswa juga membuat tabel pengamatan tumbuhan yang ada di sekitar lingkungan sekolah sesuai dengan petunjuk di LKPD.

 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

RPP K-13 "SISTEM PENCERNAAN MANUSIA" SMA

PERAN ORGANISASI IGI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI INDONESIA

PEMBUATAN PUPUK KOMPOS (Tugas 1.1..A.10)